Senat AS Luncurkan Debat Imigrasi

0
125
Pemimpin mayoritas Senat AS Mitch McConnell (tengah) dan para Senator partai Republik menjawab pertanyaan wartawan di gedung Capitol (foto: dok).

Senat AS dengan suara 97 banding 1 memutuskan pada Senin (9/2) malam untuk memulai debat luas mengenai reformasi imigrasi, sementara perbedaan antar partai langsung muncul dalam hal ruang lingkup dan substansi yang diharapkan akan terangkum dalam paket akhir.

Debat sengit berhari-hari diduga akan terjadi sementara batas waktu semakin dekat bagi ratusan imigran muda yang dibawa secara ilegal ke Amerika ketika masih anak-anak. Tahun lalu, Presiden Donald Trump mengakhiri DACA (Deferred Action for Childhood Arrivals), yang untuk sementara melindungi imigran muda dari deportasi, dan memberi Kongres sampai 5 Maret untuk menyetujui undang-undang terkait status hukum mereka.

Trump telah mengusulkan jalan menuju kewarganegaraan AS bagi para penerima DACA, langkah yang didukung oleh sebagian besar anggota Kongres dari kedua partai politik. Namun dia juga berkeras membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, mengurangi jumlah imigran legal ke Amerika, dan memprioritaskan pendatang baru dengan keterampilan yang lebih tinggi.

Fraksi Republik di Senat mengumumkan sebuah proposal, Secure and Succeed Act, yang merangkum cetak biru Gedung Putih untuk imigrasi. [as]

Sumber : voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here