Presiden Jokowi Dorong Perwakilan RI, Lakukan Diplomasi Sesuai Tantangan Zaman

0
127

(Vibizmedia-Jakarta) Presiden Joko Widodo membuka Rapat Kerja Kepala Perwakilan Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri di Gedung Pancasila, Jakarta, Senin (12/2).

Acara yang digelar oleh Kementerian Luar Negeri ini dihadiri oleh 134 perwakilan RI di luar negeri yang terdiri dari konsulat jenderal, ekselon I dan para duta besar.

Dalam rapat kerja tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan tantangan diplomat era sekarang. Tidak mudah menjadi diplomat saat ini karena perubahan begitu cepat sehingga ketidakpastian semakin tinggi. Inilah tantangan bagi diplomat kita, terang Presiden.

260 juta rakyat Indonesia mengharapkan para diplomat Indonesia memperjuangkan kepentingan rakyatnya.

Untuk itu, perlunya pendekatan diplomasi harus diperbarui menyesuaikan dengan tantangan zaman, diplomasi tidak bisa lagi yang membuang anggaran tetapi diplomasi harus yang menghasilkan uang, berpihak kepada perlindungan WNI, membela kedaulatan negara, perdamaian dan kesejahteraan, jelasnya.

Dalam tiga tahun terakhir diplomasi Indonesia mendapat penghargaan dari berbagai pihak seperti Presiden Palestina, Presiden Afghanistan, dan Iran.

Penghargaan dalam membantu komunikasi pemerintah Bangladesh dan Myanmar dalam penanganan pengungsi.

Sementara dengan Afghanistan yang tengah berusaha membangun kembali persatuan. Indonesia banyak menggali makna kemajemukan, toleransi dan perdamaian.

Presiden mendorong Menteri Luar Negeri dan seluruh perwakilan RI di luar negeri melanjutkan kontribusi Indonesia untuk perdamaian dunia. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar punya tanggung jawab sebagai bagian solusi masalah dunia, terangnya.

Journalist: Rully

Editor: Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here