Langkah Dasar Dalam Penyelesaian Suatu Masalah

0
430

(Business Lounge Journal – General Management) Suatu organisasi perlu mendefinisikan beberapa standar pemecahan masalah, sehingga para pemimpin dapat secara efektif mengarahkan orang lain dalam menyelesaikan suatu masalah.

Berikut adalah tujuh langkah dasar dalam menyelesaikan suatu masalah :

1. Tentukan masalahnya
Mendiagnosis situasi sehingga Anda fokus pada masalah, bukan hanya gejalanya. Anda dapat memulainya dengan apa yang Anda anggap menjadi masalah. Nantinya masalah ini akan dikonfirmasi atau diperbaiki sampai semua fakta telah dikumpulkan dan dianalisa.

2. Mengumpulkan semua informasi yang lengkap. Selain itu penting sekali ada keterlibatan pihak yang berkepentingan  dan tujuannya  fokus pada akar penyebab suatu masalah. Maka, yang dibutuhkan adalah:
• Meninjau dan mendokumentasikan bagaimana proses kerja saat ini (siapa yang melakukan apa, dengan informasi apa, menggunakan tools apa, berkomunikasi dengan organisasi dan individu apa, dalam kerangka waktu, menggunakan format apa, dll).
• Evaluasi kemungkinan dampak dari tools baru dan kebijakan yang direvisi dalam pengembangan model “apa yang seharusnya.”

READ MORE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here