(Vibizmedia – Column) – Apa yang ada di benak Anda ketika mengunjungi Amerika Serikat? Ingin belanja di toko barang branded, pergi ke tempat wisata, berfoto untuk social media Anda, atau wisata kuliner? Semua itu, pastinya ada hampir di setiap benak orang yang berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat.

Namun, pernahkah Anda tahu soal daya tarik Amerika Serikat, dimana Anda bisa belanja barang amal atau sumbangan orang lain? Nah, mungkin hal ini belum terlalu dipikirkan oleh para turis! Tapi, jika Anda mengetahuinya, wah pastinya itu akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi Anda.

Nah, pernahkah Anda mengetahui tentang Goodwill? Mungkin, kalau di Indonesia tidak semua tahu tentang toko tersebut. Tetapi, di Amerika Serikat, toko tersebut bisa dikatakan populer. Fakta tersebut, saya ketahui ketika saya berada di North Carolina.  Pertama kali saya memasuki Goodwill, salah satu toko barang amal disana, saya melihat beragam barang ada disana, mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, furniture, buku, dan berbagai barang lainnya. Dan harganya, memang rata-rata relatif murah. Bicara soal kualitas, Anda juga bisa menemukan barang-barang amal dengan merk ternama juga disana. Tapi, ada juga yang kualitasnya bisa dikatakan kurang. Intinya, pintar-pintar saja untuk memilih. Kalau Anda pandai memilih, tentunya Anda bisa menenteng pulang barang-barang amal yang mutunya bagus.

Jika bicara soal pengunjung, bisa dikatakan kuantitasnya tak sedikit. Apalagi seminggu sekali, bagi Anda yang masuk kategori Senior atau orang dewasa diatas 55 tahun, Anda pasti mendapatkan diskon jika berbelanja pada hari itu. Menarik, kan?

Berbagai barang yang dijual di Goodwill

Adapun uang hasil dari pembelanjaan konsumen di Goodwill, akan digunakan untuk membangun kampus Goodwill yang ditujukan untuk membina dan mengajarkan keterampilan dasar bekerja pada orang-orang tunawisma, mantan pecandu narkoba, dan lainnya. Bahkan, Goodwill juga menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka, baik untuk menjadi karyawan di Goodwill sendiri, maupun disalurkan ke perusahaan lain yang membutuhkan karyawan.

Berbagai barang yang dijual di Goodwill

Lain Goodwill, lain lagi Habitat For Humanity ReStore. Pola bisnisnya, tentu saja sama, yaitu menjual barang-barang amal. Perbedaannya adalah, pada tujuan bisnisnya. Jika Goodwill bertujuan untuk mengembangkan kampusnya dari keuntungan penjualan, maka Habitat For Humanity ReStore memanfaatkan keuntungan penjualan untuk membangun rumah bagi yang membutuhkan, terutama bagi para veteran tentara Amerika Serikat.

Jika Anda mengunjungi Habitat For Humanity ReStore, tentunya Anda juga akan menemukan barang-barang second, seperti yang ada di Goodwill. Namun, jika di Goodwill Anda menemukan barang aneka ragam seperti pakaian, tas, perlengkapan rumah tangga, maka di Habitat For Humanity ReStore, Anda akan lebih banyak menemukan barang-barang yang diperlukan untuk membangun atau mempercantik rumah, seperti satu set lemari, furniture, dan lainnya. Tapi, jika Anda ingin mencari barang amal lainnya seperti buku bacaan, alat tulis, dan lainnya, Anda juga bisa temukan di Habitat For Humanity ReStore. Dan, ada fakta menarik tentang Habitat For Humanity ReStore, dimana rata-rata orang yang bekerja disana adalah volunteer atau sukarela. Berbeda dengan Goodwill, dimana para pekerjanya adalah karyawan yang dibayar secara profesional.

Itulah sekilas yang bisa saya ceritakan mengenai toko yang menjual barang amal di Amerika Serikat. Mungkin, selama ini Anda belum terlalu sering mendengar mengenai toko amal di Amerika Serikat seperti Goodwill dan Habitat For Humanity ReStore. Namun, jika saya pikirkan, kedua toko tersebut memang cocok dan sesuai dengan budaya orang Amerika Serikat, yaitu : suka melakukan amal, dan sangat senang pindah rumah. Jika mereka ingin beramal, tentu saja kedua tempat itu sangatlah pas. Dan ketika mereka ingin pindah rumah, tentu saja mereka bisa menyumbangkan barang rumah mereka yang tak terpakai atau yang tak bisa dibawa pindah, dan membeli perlengkapan rumah baru dari kedua tempat tersebut.

Di Amerika Serikat, toko yang menjual barang amal memang cocok dengan budaya masyarakat disana. Mereka suka memberi dan beramal, dan mereka juga suka membeli barang-barang amal untuk kebutuhan mereka, terutama untuk membangun atau mengisi rumah mereka yang baru. Percaya tak percaya, orang Amerika Serikat itu suka sekali berpindah-pindah dalam hidupnya. Bahkan, mereka bisa nekat menjual rumah dulu sebelum menemukan rumah mereka yang baru. Itulah kebiasaan mereka yang mungkin Anda belum ketahui.

Berbagai barang yang dijual di Habitat For Humanity ReStore

Nah, bagi Anda yang berencana ke Amerika Serikat untuk berjalan-jalan, tak ada salahnya mencoba untuk sesekali memasuki toko amal yang ada disana. Paling tidak, Anda bisa merasakan serunya berburu barang second dan mendapatkannya dengan harga yang murah. Tentunya, hal itu akan menjadi pengalaman yang unik dalam hidup Anda.

Berbagai barang yang dijual di Habitat For Humanity ReStore

Tertarik? Coba saja kunjungi toko amal seperti Goodwill maupun Habitat For Humanity ReStore. Dengan Anda berbelanja disana, Anda bukan hanya memiliki pengalaman belanja di toko amal, tetapi juga menyumbang untuk kepentingan orang lain, seperti untuk pengembangan kampus Goodwill, maupun pembangunan rumah baru bagi kalangan yang membutuhkan di Amerika Serikat.

Zefanya Jodie, MBA/Editor In Chief Vibizmedia.com

 

 

Images : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here