The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap; Inflasi Diindikasikan Meningkat

0
140

(Vibizmedia – Economy) Pada Pertemuan kebijakan The Fed AS bulan Januari yang berakhir Kamis dinihari (01/02), dimana sebagai pertemuan terakhir Janet Yellen sebagai ketua Fed, bank sentral AS mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah namun mengindikasikan mereka memperkirakan tekanan inflasi akan meningkat seiring pergerakan tahun ini.

Perumusan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal mengatakan kondisi saat ini menunjukkan bahwa suku bunga tetap pada 1,25 hingga 1,5 persen. Keputusan seperti yang diperkirakan pasar.

Menurut proyeksi yang dirilis pada bulan Desember, pejabat memperkirakan tiga kenaikan suku bunga tahun ini asalkan tidak ada gangguan signifikan terhadap kondisi pasar. Namun, pasar baru-baru ini telah menghibur pemikiran bahwa Fed dapat menambahkan kenaikan lainnya, kemungkinan pada pertemuan akhir 2018.

Imbal hasil obligasi pemerintah telah bergerak naik dalam mengantisipasi tekanan inflasi dan Fed yang lebih aktif.

Sebuah pernyataan setelah pertemuan tersebut dapat mempengaruhi pandangan pasar terhadap jalur tingkat suku bunga.

“Inflasi pada basis 12 bulan diperkirakan akan meningkat tahun ini dan untuk menstabilkan sekitar 2 persen tujuan Komite selama jangka menengah,” kata pernyataan tersebut. “Risiko jangka pendek terhadap prospek ekonomi nampaknya seimbang, namun Komite memantau perkembangan inflasi secara ketat.”

Pengamatan terhadap inflasi berbeda dari pernyataan bulan Desember, yang mencatat bahwa pengukuran inti dan utama telah menurun dan berjalan di bawah 2 persen.

Selain itu, pernyataan minggu ini mencatat bahwa “pengukuran kompensasi inflasi berbasis pasar telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir namun tetap rendah,” sebuah pernyataan dari bulan Desember yang mencatat bahwa tindakan tersebut “tetap rendah.”

Inflasi telah berjalan secara konsisten di bawah target yang diamanatkan Fed, yang baru-baru ini melayang sekitar kisaran 1,5 persen. Tapi belakangan ini ada tanda-tanda bahwa tekanan upah meningkat.

Indeks Biaya Ketenagakerjaan, sebuah alat pengukur yang diyakini diawasi ketat Fed, menunjukkan kenaikan 2,6 persen untuk setahun penuh di tahun 2017, kenaikan terbesar sejak sebelum krisis keuangan.

Sebelum pertemuan tersebut, pasar mematok harga hanya 28 persen atau lebih dari kenaikan suku bunga Desember. Pasar secara luas memperkirakan kenaikan kuartalan di bulan Maret.

Anggota komite menghapus bahasa yang membahas dampak musim badai dahsyat terhadap aktivitas ekonomi. Pejabat tidak memperkirakan badai memiliki dampak jangka panjang terhadap pertumbuhan namun mencatat bahwa akan ada dampak dalam waktu dekat.

Keputusan untuk tidak menaikkan suku bunga lewat dengan suara bulat.

Pertemuan Januari merupakan pertemuan terakhir Yellen sebagai ketua. Jerome Powell akan mengambil alih jabatan sebagai ketua dalam beberapa hari ke depan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here