Presiden Jokowi Targetkan BPN Tahun 2018 Terbitkan 7 Juta Sertifikat Tanah

0
156
Presiden hadiri Rakernas Kementerian ATR,BPN Tahun 2018, di Puri Agung Convention Hall, Hotel Sahid Jaya, Jakarta pada Rabu (10/1) sore. (Foto Humas Setkab)

(Vibizmedia – National) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kinerja selama tahun 2017 yang luar biasa karena memenuhi target pembuatan 5 juta sertifikat tanah.

Saat Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Tahun 2018, di Jakarta pada Rabu (10/1) Presiden mengatakan:  “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dari tingkat pusat sampai tingkat kabupaten dan kota sehingga target yang saya berikan di tahun 2017 yang lalu bisa tercapai”.

Melihat kinerja bagus dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional di tahun 2017, Presiden Presiden mentargetkan di tahun 2018 dapat mencapai 7 juta sertifikat.

Presiden kemudian bercerita bahwa setiap melakukan kunjungan kerja ke daerah, sering mendengar keluhan tentang sengketa tanah dan kesulitan pembebasan lahan. Ia kemudian membandingkan jalan tol di Indonesia dengan jalan tol di negara-negara tetangga.

“Coba bandingkan jalan tol dulu di Malaysia, Vietnam, Tiongkok. Waktu kita bikin Jalan Tol Jagorawi tahun 1977, mereka lihat ke kita, jalan tol itu seperti apa, pembebasan lahan, konstruksi bagaimana, manajemen pengelolaan seperti apa. Sampai tahun 2014, kita punya jalan tol hanya 780 km. Tiongkok sudah punya 280.000 km jalan. Ini berarti ada masalah. Masalahnya adalah pembebasan lahan yang sulit,” ucap Presiden.

Presiden mengungkapkan bahwa dirinya memberikan target kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional agar di tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat.

Rapat Kerja Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Tahun 2018 ini dihadiri oleh sekitar 900 orang jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Journalist: Mytri
Editor: Emy T                                                                                                            Source: Setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here