Dolar AS Naik Tipis di Sesi Asia; Yen Masih Ungguli Dolar AS

0
90

(Vibizmedia –  Forex) Dolar AS naik tipis di awal perdagangan Asia pada hari Rabu (10/01), didukung oleh hasil Treasury AS yang lebih tinggi namun masih kalah terhadap yen setelah langkah Bank of Japan untuk memangkas pembelian obligasi pemerintah Jepang memicu kekhawatiran yang meluas.

Indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang enam mata uang utama, naik sedikit ke 92.536, tidak jauh dari level tertinggi semalam di 92.640.

Euro sedikit lebih rendah pada hari di $ 1,1933, jauh di bawah level tertinggi hampir empat bulan di $ 1,2089 yang ditetapkan Kamis lalu.

Terhadap yen, dolar sedikit melemah pada 112,62, berjuang untuk membuat kemajuan setelah turun 0,5 persen pada sesi sebelumnya ketika bank sentral Jepang sedikit mengurangi jumlah pembelian obligasi pemerintah Jepang (JGB) dalam operasi pembelian biasa .

Sementara langkah tersebut merupakan tindakan teknis yang sejalan dengan kebijakan bank sentral sampai saat ini, namun hal tersebut melepaskan gelombang spekulasi bahwa BOJ dapat bersiap untuk melepaskan stimulus moneter ultra-longgarnya yang besar.

Imbal hasil pada obligasi Treasury A.S. selama 10 tahun mencapai level tertinggi 10 bulan pada hari Selasa, sebagian terangkat oleh tindakan BOJ.

Imbal hasil obligasi 10 tahun mencapai 2,551 persen di perdagangan Asia, naik dari penutupan A.S. di 2,546 persen pada hari Selasa, saat naik setinggi 2,555 persen, tertinggi sejak Maret.

Sterling sedikit lebih rendah pada $ 1,3535, namun tetap didukung oleh ekspektasi bahwa pembicaraan Brexit akan memiliki hasil positif.

Malam nanti akan dirilis data Wholesale Inventories November AS yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan bergerak positif dengan meningkatnya imbal hasil obligasi AS. Juga jika malam nanti Wholesale Inventories November AS meningkat, akan menguatkan dolar AS.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here