Topix Bergerak Naik Menuju Level Tertinggi Sejak 1991

0
50

(Vibizmedia – Index) – Bursa saham Jepang menguat pada hari perdagangan pertama 2018, dengan Topix bergerak menuju tingkat tertingginya sejak 1991 didukung saham-saham perusahaan sekuritas dan saham minyak. Topix naik 2 persen menjadi 1.853,07.

Disepanjang tahun 2017, Nikkei menguat 19,1 persen dan indeks Topix naik 19,7 persen, karena ekonomi global yang lebih kuat serta stabilitas politik dalam negeri dan kebijakan moneter dari Bank of Japan yang mendukung pendapatan perusahaan Jepang.

Keuntungan tersebut membantu naiknya saham pialang-pialang saham, dengan subindex sekuritas naik 3,8 persen. Nomura Holdings menambahkan 2,7 persen dan Daiwa Securities Group naik 2,9 persen.

Melonjaknya harga minyak mentah mendorong subindex minyak & batu bara sebesar 3,6 persen. JXTG Holdings menambahkan 4 persen dan Cosmo Energy Holdings 6,8 persen lebih tinggi.

Minyak mentah berjangka naik sekitar 2 persen pada hari Rabu ke level tertinggi dalam 2-1 / 2 tahun, terangkat oleh kerusuhan di negara anggota OPEC, Iran dan data ekonomi A.S. dan Jerman yang kuat.

Saham Nintendo sahamnya naik 4,8 persen. Financial Times melaporkan pada hari Senin bahwa pengembang game Niantic Inc berencana untuk meluncurkan game Pokemon Go augmented blockbuster, dimana Nintendo memiliki saham di China melalui kesepakatan kemitraan dengan perusahaan lokal NetEase.

Saham Mitsubishi Heavy Industries 2,50% lebih tinggi, setelah kepala perusahaan dikatakan menunda jet komersial pada pertengahan 2020 meski berisiko melakukan pembatalan pesanan.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here