Tahun 2032 Asia Mendominasi Perekonomian Dunia, Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Terkuat Dunia

0
198

(Vibizmedia – Economy) – Peranan penting ekonomi Asia akan berlanjut meningkat pada tahun 2018 dan seterusnya, demikian menurut sebuah laporan terakhir yang melihat Asia bakal mendominasi dunia dalam waktu hanya satu dekade.

Laporan dari Centre for Economics and Business Research (CEBR) di London memperkirakan India bakal melompati Inggris dan Perancis tahun depan (2018) untuk menjadi perekonomian terbesar kelima di dunia. Negara ini disebut akan menduduki posisi ketiga di dunia pada tahun 2027.

Mengutip Bloomberg (26/12), diperkirakan pada rahun 2032, tiga dari empat kekuatan ekonomi terbesar di dunia ada di Asia, yaitu China, India dan Jepang. Pada saat itu, China juga akan berhasil mengalahkan AS untuk menduduki posisi nomor 1. India tidak akan berhenti sampai di situ, menurut CEBR, yang melihatnya India bisa menempati posisi teratas pada tahun 2050.

Sementara itu, negara Asia lainnya, Korea Selatan, pada 2018 akan berada di posisi 12, dan Indonesia di posisi 16. Kemudian pada tahun 2027, saat China di urutan kedua, India ketiga, dan Jepang turun ke posisi keempat, Korea Selatan bakal naik ke urutan 9 sementara Indonesia naik ke urutan 13.

Selanjutnya, dalam table CEBR terlihat bahwa pada tahun 2032, Korea Selatan akan berada di posisi 9 dan Indonesia di urutan ekonomi terkuat ke-10 di dunia, melengserkan Kelompok Tujuh Negara Italia dan Kanada.

 

Source: Bloomberg

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here