RUU Pajak dan CR Lolos di Senat AS, Siap Ditandatangani Trump

0
83

(Vibizmedia – Economy) Sebuah rancangan undang-undang pengeluaran darurat untuk mendanai pemerintah sampai 19 Januari mmeperoleh cukup banyak suara di Senat Jumat dinihari tadi (22/12) untuk ditandatangani Presiden AS Donald Trump.

Pemungutan suara di Senat adalah rintangan terakhir yang dihadapi legislasi yang akan mencegah penutupan pemerintah sebagian dijadwalkan dimulai pada tengah malam pada hari Jumat. RUU tersebut disahkan DPR pada hari sebelumnya.

Dikenal sebagai resolusi berkelanjutan, atau CR (continuing resolution), paket tersebut mengandung $ 2,85 miliar untuk Program Jaminan Kesehatan Anak yang populer, dan $ 750 juta untuk program diabetes dan pusat kesehatan masyarakat lainnya. Ini juga memperluas program Foreign Intelligence Surveillance Act yang dikenal sebagai FISA 702, dan memberikan tambahan $ 4,7 miliar kepada Departemen Pertahanan untuk program perbaikan kapal dan rudal pertahanan.

Bagian yang paling diperdebatkan dari RUU pengeluaran adalah apa yang disebut pembebasan “pembayaran”: Ketentuan untuk menangguhkan peraturan yang menghalangi pemerintah untuk memberlakukan program baru yang mahal, seperti pemotongan pajak GOP, kecuali ada cukup uang dalam anggaran tahun berjalan untuk membayar mereka

Setelah CR lolos dari Senat, Presiden Donald Trump dapat menandatangani RUU pajak GOP sebesar $ 1,5 triliun pada awal hari Jumat, daripada harus menunggu sampai 2018.

Namun, sSatu hal yang Senat tidak lakukan pada hari Kamis, adalah untuk meloloskan paket bantuan pemulihan bencana senilai $ 81 miliar yang disetujui oleh DPR pada hari sebelumnya.

RUU bantuan bencana tambahan ini dimaksudkan untuk membantu orang-orang Amerika yang terkena dampak badai dahsyat dan kebakaran hutan yang merobek Selatan dan Barat dalam beberapa bulan terakhir.

Tapi Pemimpin Mayoritas Senat John Cornyn mengatakan bahwa RUU dana bencana terlalu rumit untuk diselesaikan dan dilalui sebelum liburan berakhir. RUU tersebut, katanya, melibatkan “bagian yang jauh lebih bergerak, minat yang jauh lebih beragam, dan persaingan antara berbagai yurisdiksi mengenai siapa yang mendapatkan apa.”

Trump diperkirakan untuk menandatangani CR dan RUU pajak pada hari Jumat, sebelum berangkat ke Mar-a-Lago, tempat liburan pribadinya di Florida.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here