Stabilitas Politik dan Keamanan Indonesia Membuat Iklim Investasi Menarik; Seperti Apa?

0
31

(Vibizmedia – National) – Berbicara sebagai keynote speaker dalam acara Kompas 100 CEO Forum yang diadakan hari Rabu ini (29/11), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di antaranya membeberkan sejumlah kelebihan Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Selain secara fundamental ekonomi, juga faktor lain yang berpengaruh kuat terhadap perekonomian dalam negeri.

Yang terutama disorot dan menjadi perhatian adalah kondisi stabilitas politik dan keamanan di Indonesia. Kondisi ini membuat iklim investasi menjadi menarik dan perekonomian nasional menjadi stabil.

“Indonesia bagus stabilitas politik dan keamanan. Di Brasil itu ada korupsi, China mungkin dia konsolidasi politik baik, tapi kalau bicara Rusia itu juga political, South Africa ada masalah leadership politik dalam negeri,” demikian penjelasan Sri Mulyani kepada para CEO dan media di Jakarta (29/11).

Di samping itu, dijelaskan adanya bonus demografi atau jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari penduduk usia tua juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan Jepang yang didominasi penduduk usia tua sehingga beban fiskalnya bertambah.

“Jumlah manusia Indonesia besar dan demografinya muda. Hari ini kalau anda dengar baca berita mengenai Jepang mereka mengalami tantangan dan mereka coba survive. Muncul berita aging population dan berkurangnya orang yang bekerja di pertanian Jepang,” jelas Sri.

Sri Mulyani kemudian menambahkan bahwa kebijakan ekonomi yang ada harus bisa mengurangi kemiskinan dan tongkat pengangguran, sehingga bisa menjawab sebagian persoalan ekonomi yang ada.

 

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here