Sebanyak 3 MoU Ditandatangani Indonesia-Korea Selatan, Salah Satunya Transportasi

0
73

(Berita Daerah – Bogor) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Presiden Republik Korea Selatan, Moon Jae-In, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/11). Kunjungan Presiden Moon Jae-in ke Indonesia merupakan yang pertama kali usai terpilih dalam pemilihan presiden bulan Mei 2017.

Pertemuan bilateral yang dipimpin langsung oleh Jokowi menghasilkan sebanyak 3 (tiga) Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding telah ditandatangani kedua pemimpin negara tersebut, ketiga MoU itu adalah :

1. Penandatanganan Bidang Perindustrian oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dengan Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Paik Un Gyu;
2. Penandatanganan Bidang Transportasi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Kim Hun-Mee; dan
3. Penandatanganan Bidang Kesehatan oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha.

Dalam pertemuan bilateral itu Presiden Korea didampingi oleh Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha, Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Paik Un Gyu, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Kim Hun-Mee, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Korea untuk Republik Indonesia Cho Tai Yung, serta para staf khusus dan deputi lainnya.

Sementara Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, Menperin Airlangga Hartarto, Menhub Budi Karya Sumadi, Menkes Nila Moeloek, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah mengajak Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengunjungi pusat perbelanjaan mall BTM, di Bogor. Dalam kesempatan itu, Moon membeli batik berwarna merah dan memilihkan batik warna biru untuk Jokowi.

Selain membeli batik, Moon juga menyempatkan diri minum di salah satu kios teh yang berada tidak jauh dari toko batik.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image : Setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here