“Nurtanio” N219, Ikon Baru Pesawat Terbang Nasional Buatan Lapan dan PTDI

0
64
Pesawat Transport Nasional N219 bernama Nurtanio yang disematkan oleh Presiden Jokowi di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (10/11) ini, buatan LAPAN dan PTDI. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Presiden Jokowi menyematkan nama resmi pesawat transport Nasional Nurtanio buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (10/11).

Presiden Joko Widodo memberi nama Nurtanio untuk pesawat buatan LAPAN dan PTDI. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

Nurtanio diambil dari nama perintis industri pesawat terbang Indonesia, Laksamana Muda (Anumera) Nurtanio Pringgoadisuryo, sosok pembuat pesawat pertama all metal dan fighter Indonesia bernama Sikumbang.

Nurtanio bermesin 2 dan berpenumpang 19, sebagai hasil dari program pengembangan pesawat yang dibangun LAPAN bekerja sama dengan PTDI. Jenis N219 merupakan ikon baru dalam pengembangan mandiri pesawat terbang Nasional, sebab pesawat ini menjadi tanda kebangkitan kembali industri dirgantara Nasional pasca N250.

Presiden Jokowi bersama siswa-siswa sekolah dasar melemparkan pesawat kertas sebelum meresmikan pesawat Nurtanio N219 buatan LAPAN dan PTDI di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (10/11). FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

Pengembangan yang dimulai awal 2006 hingga 2008 dengan program yang Secara besar-besaran digaungkan sejak 2014 hingga saat ini.

Pesawat ini diharapkan menjadi penyambung tol laut yang berorientasi pada pengangkutan logistik dan penumpang Bagi daerah pedalaman. Hal tersebut untuk mengurangi biaya yang mengakibatkan harga komoditas yang tinggi di daerah pedalaman.

 

Journalist : Rully

Editor : Mark Sinambela

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here