Bursa Saham Asia dan IHSG Kompak Melemah, Menyusul Turunnya Wall Street

0
64

(Vibizmedia – Index) – Pasar saham Asia bergerak dalam tekanan pada hari Jumat, menyusul pelemahan bursa Wall Street setelah anggota Partai Senat mengumumkan rencana reformasi pajak mereka pada hari Kamis (10/11).

Nikkei 225 merosot 0,87 persen, memperpanjang kerugian yang dibuat pada hari Kamis ketika indeks turun tajam pada paruh kedua harinya setelah sempat menguat sekitar 2 persen pada perdagangan pagi.

Di Selat Korea, Kospi kehilangan 0,22 persen. Keuntungan terlihat pada beberapa nama saham manufaktur, dengan Posco naik 1,25 persen, namun beberapa blue chip harus berjuang: Samsung Electronics datar dan Hyundai Motors turun 0,96 persen.

Di Australia, S&P/ASX 200 turun 0,34 persen karena sub-indeks material menyebabkan kerugian pada keseluruhan indeks: Rio Tinto turun 2,26 persen dan BHP merosot 2,31 persen.

Pasar China Raya melayang sekitar garis datar. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,04 persen. Di daratan, Shanghai Composite turun tipis 0,15 persen dan Komposit Shenzhen beringsut 0,03 persen lebih tinggi.

“Preferensi atas risiko global mengalami kemunduran di tengah kekhawatiran tentang prospektus usulan pajak AS karena Senat berencana untuk mengajukan proposal yang berbeda dari DPR,” OCBC Bank mengatakan dalam catatan paginya, sebagaimana dikutip CNBC (10/11).

Namun demikian, kemunduran di pasar cenderung bersifat temporer, kata seorang analis.

Sementara itu, bursa saham AS ditutup melemah pada hari Kamis karena pasar mencerna berita tentang kemungkinan penundaan pemotongan pajak perusahaan. Dow Jones turun 0,43 persen atau 101,42 poin, ditutup pada 23.461,94.

Di tempat lain, Bank Danamon mengatakan bahwa pemegang saham mayoritasnya, Asia Financial (Indonesia), memastikan bahwa mereka telah menerima “pernyataan kepentingan” atas sahamnya di bank tersebut. Itu muncul setelah tampil berita Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ Financial Group bermaksud membeli 40 persen saham Bank Danamon, menurut sebuah laporan Kamis dari Nikkei. MUFG ingin membeli saham Bank Danamon melalui Temasek Holdings, kata Reuters. Saham MUFG dilaporkan turun 0,79 persen.

Sementara itu, di dalam negeri, analis Vibiznews melihat IHSG dihantam lagi aksi ambil untung, di hari yang ketiganya. Dibuka menguat terbatas pada 6.044, kemudian tertekan turun, dan terakhir terlihat melorot 16 poin ke level 6.026,47. Pasar sesi pagi telah diseret aksi jual investor asing, sesuai prediksi sebelumnya. Untuk pasar hari ini , resistance-nya terdekat ada di level 6071 dan 6082. Support ada di level 5989, dan bila tembus ke level 5969.

 

Analis: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here