Emas Spot Naik oleh Turunnya Dollar, Emas Antam Turun Tipis

0
69

(Vibizmedia – Commodity) – Harga emas bergerak naik pada perdagangan hari Rabu, karena dolar tergelincir menyusul sebuah laporan media yang mengindikasikan adanya penundaan dalam pelaksanaan pemotongan pajak perusahaan besar sesuai rencana reformasi pajak AS.

Emas spot naik 0,2 persen pada $1,280.97 per ons pada Rabu malam WIB. Turun sekitar 0,5 persen dari perdagangan pada hari Selasa (8/11).

Para pemimpin Republik Senat mempertimbangkan penundaan satu tahun dalam menerapkan pemotongan pajak utama untuk mematuhi peraturan Senat, Washington Post melaporkannya pada Selasa, dengan mengutip sumber yang tidak disebutkan, demikian dilansir dari CNBC.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang, terpantau turun 0,1 persen.

“$1,280-85 tetap menjadi batas atas untuk saat ini dan akan menarik untuk melihat apakah artikel Washington Post ini dapat menghasilkan momentum kenaikan hari ini di Eropa dan New York,” kata analis pasar.

Pembersihan anti-korupsi di Arab Saudi dan kunjungan Presiden AS Donald Trump ke Korea Selatan di tengah ketegangan dengan Korea Utara juga dapat meningkatkan harga logam mulia ini, kata para analis.

“Sementara secara fundamental menunjukkan bahwa harga emas harusnya jatuh pada tahun 2018, peristiwa geopolitik ini bisa mengaburkan fundamental,” analis OCBC mengatakan.

Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa Amerika Serikat akan membela diri dan sekutu-sekutunya melawan ancaman nuklir Pyongyang, dan memperingatkan pemimpin Korea Utara bahwa senjata nuklir yang dikembangkannya “tidak akan membuat Anda lebih aman, mereka menaruh rezim Anda dalam bahaya besar”.

Emas spot telah bergerak di rentang netral di kisaran $1,263 – $1,281, menyusul kegagalannya untuk menembus resistance di $1,281 per ounce, menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa emas spot dunia sedang dalam konsolidasi pasar, berpotensi naik dan turun terbatas dalam range jangka pendek antara $1263 – $1283.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah naik tipis ke Rp556.955 per ons-nya dibandingkan Rp554.991 pada perdagangan pasar Selasa kemarin. Sementara itu, harga emas ANTAM terpantau agak turun ke Rp622.5553 per gramnya, dibandingkan harga pasar pada Selasa di Rp624.571 per gram.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here