Harga Emas Dunia Turun oleh Profit Taking, Emas Antam Naik Tipis

0
47

(Vibizmedia – Commodity) – Emas beranjak turun pada hari Selasa malam WIB ini setelah investor menjual emas batangan untuk mengunci keuntungan menyusul kenaikan hampir 1 persen pada sesi sebelumnya karena pembelian safe haven atas kekhawatiran penangkapan kasus korupsi yang menargetkan anggota keluarga dan menteri kerajaan di Arab Saudi (7/11).

Spot emas turun 0,3 persen pada $1,276.27 per ounce pada Selasa petang WIB. Logam mulia tersebut telah melonjak hampir 1 persen pada hari Senin dengan dalam persentase kenaikan harian terbesarnya sejak 25 September dan juga bergerak di atas 100-day moving average, yang biasanya terlihat sebagai sinyal bullish oleh technical traders.

“Arab Saudi tampaknya telah menakuti pasar global dengan tumpahan dari minyak yang mengalir ke pasar lain. Emas mendapat keuntungan dari arus safe haven … Asia telah melihat beberapa aksi profit taking,” kata seorang analis pasar senior OANDA, seperti yang dikutip dari CNBC (7/11).

“Tapi kita mempertanyakan panjangnya reli ini. Biasanya ini cenderung bersifat jangka pendek,” tambahnya.

Presiden AS Donald Trump berkunjung ke Korea Selatan, di mana kemungkinan besar dia akan mengunjungi zona demiliterisasi Korea yang bisa memberikan support bagi emas dalam beberapa hari ke depan, analis pasar menambahkan.

Trump tiba di Korea pada hari Selasa, lokasi garis depan terdekat di antara ketegangan nuklir dengan Korea Utara, dalam sebuah kunjungan yang mungkin memperparah ketegangan dengan Pyongyang.

Banyak investor memilih emas sebagai alternatif investasi pada masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Emas spot mungkin mengakhiri konsolidasi dalam kisaran sempit $1.263 sampai $1.281 per ounce dalam waktu dekat dan kemudian melambung lebih ke $1.299 atau turun tajam menuju $1.241, demikian menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa emas spot dunia sedang dalam konsolidasi pasar, berpotensi naik dan turun terbatas dalam range jangka pendek antara $1263 – $1278.

Di dalam negeri, harga emas spot dalam rupiah naik tipis ke Rp554.991 dibandingkan Rp551.940 pada perdagangan pasar Senin kemarin. Sementara itu, harga emas ANTAM terpantau agak naik ke Rp624.571 per gramnya, dibandingkan harga pasar pada Senin di Rp623.526 per gram.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here