Bursa Saham Asia Senin Pagi Umumnya Melemah, IHSG Justru Tampil di Zona Hijau

0
43

(Vibizmedia – Index) – Sebagian besar indeks bursa saham Asia yang utama melemah pada hari Senin pagi WIB sementara para investor mencerna laporan pendapatan dan tur Presiden Donald Trump ke kawasan Asia mulai berjalan (6/11).

Bursa saham AS telah ditutup menguat pada hari Jumat meskipun laporan pekerjaan mixed untuk bulan Oktober karena pasar fokus pada laporan pendapatan yang kuat.

Nikkei 225 Jepang naik 0,26 persen saat pasar dibuka kembali untuk perdagangan setelah akhir pekan yang panjang. Saham minyak dan sebagian besar produsen mobil mencatat kenaikan kecuali Mazda Motor, yang turun 2,78 persen oleh laba kuartalan yang lebih rendah dari perkiraan, demikian dilansir dari CNBC (6/11).

Risalah rapat dari Bank of Japan yang dirilis Senin menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan berpikir bahwa bank sentral harus mempertahankan kebijakan saat ini, lapor Reuters.

Di Selat Korea, Kospi mendapat tekanan. Indeks turun 0,57 persen oleh turunnya saham blue-chip teknologi yang membebani pasar keseluruhan: Samsung Electronics terpeleset 1,1 persen dan SK Hynix turun 0,95 persen. Saham-saham kosmetik dan minyak mencatatat keuntungan.

Di Selatan, S&P/ASX turun 0,14 persen, dengan kenaikan saham energi dan utilitas diimbangi dengan kerugian di sub-indeks finansial.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,05 persen pada awal perdagangannya. Pasar China daratan agak sedikit membaik, mencatat kerugian yang lebih moderat. Shanghai Composite turun 0,22 persen dan Shenzhen Composit turun 0,106 persen.

Sementara itu, di dalam negeri, analis Vibiznews melihat IHSG dibuka di zona hijau di 6.031, dan sempat melaju sampai 6.049. Pasar sesi pagi didorong aksi beli investor asing dan kemungkinan aksi ambil untung masih akan membayangi pasar. Resistance-nya terdekat ada di level 6082 dan 6100. Support terdekat ada di level 5989, dan bila tembus ke level 5969.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

Editor: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here