Dolar AS Capai Tertinggi 3 Bulan Pasca Kemenangan Abe

0
33

Dolar AS menyentuh level tertinggi tiga bulan terhadap yen pada akhir perdagangan Selasa dinihari (23/10), dengan investor mempertimbangkan kemenangan pemilihan yang luar biasa untuk partai penguasa Jepang akan berarti kelanjutan dari “Abenomik,” kebijakan ultra-longgar yang terus menekan yen.

Dolar AS diperdagangkan di sekitar level tertinggi dalam 2,5 minggu terhadap sekeranjang enam mata uang utama. Pedagang telah berspekulasi bahwa kepala Federal Reserve berikutnya bisa mengambil sikap yang lebih hawkish mengenai kebijakan moneter.

Ekspektasi baru pemotongan pajak federal juga telah mendukung dolar dan memicu kenaikan imbal hasil obligasi A.S., dengan yield dua tahun mencapai puncak sembilan tahun yang dekat.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam sebuah komentar yang disiarkan pada hari Senin bahwa dia akan membuat pilihannya di ketua Fed sangat lama dan menimbang setidaknya tiga orang: Gubernur Federal Reserve Jerome Powell, ekonom Universitas Stanford John Taylor dan Ketua Fed saat ini Janet Yellen.

Spekulan menurunkan taruhan bearish bersih pada dolar ke tingkat terendah dalam lebih dari sebulan, data Commodity Futures Trading Commission menunjukkan pada hari Jumat.

Indeks dolar terakhir naik 0,15 persen pada level 93,84.

Koalisi gabungan Partai Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Perdana Menteri Shinzo Abe mempertahankan dua pertiga “mayoritas super” di majelis rendah dengan total 313 kursi dalam kemenangan pemilihannya pada hari Minggu. Kemenangan Abe mengurangi kekhawatiran bahwa langkah-langkah ekonomi yang diterapkan di bawah kepemimpinannya, termasuk program pembelian aset ekspansif oleh Bank of Japan, akan terganggu dan menghentikan depresiasi yen terhadap dolar.

Dolar naik sebanyak setengah persen menjadi 114,10 yen, terkuat sejak 11 Juli. Itu terakhir turun 0,11 persen pada 113,37 yen.

Euro turun 0,31 persen pada $ 1,1748, bertahan di bawah puncak 2,5 tahun di $ 1,2092 yang dicapai pada 8 September, karena kecemasan tentang penanganan Madrid atas kerusuhan sipil di Catalonia setelah referendum mengenai kemerdekaan wilayah tersebut pada 1 Oktober.

Mata uang tunggal Euro berada di kaki belakang menjelang pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis. Pedagang bertaruh pada posisi yang lebih hawkish dari ECB diimbangi oleh petunjuk bahwa ini tidak terburu-buru untuk memperketat kebijakan.

Malam nanti akan dirilis data Markit Manufacturing dan Service PMI Flash Oktober yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan terus meningkat dengan menguatnya optimisme reformasi pajak dan harapan kenaikan suku bunga AS

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here