Berlian Sudah Punya Bursa; Emas Baru bagi Investor Kaya?

0
283

(Vibizmedia – Commodity) – Berlian akhirnya bisa menjadi teman terbaik investor, demikian dinyatakan bursa berlian “Singapore Diamond Investment Exchange” (SDIX), sejalan dengan telah diluncurkannya bentuk standar baru dari batu mulia untuk menyaingi emas sebagai “safe haven” alternatif bagi uang tunai.

Industri berlian selalu menyatakan bahwa berlian adalah bentuk kekayaan paling terkonsentrasi di dunia, namun para investor telah lama menganggapnya kurang berguna sebagai penyimpan nilai dibandingkan emas karena masing-masing batu berbeda, membuat penilaiannya subyektif dan sulit diperdagangkan.

Alain Vandenborre, chairman dan pendiri SDIX, mengatakan bahwa teknologi telah memecahkan masalah itu dan berlian sekarang bisa menjadi “emas baru”, seperti dilansir dari Reuters belum lama ini (Reuters, 10/10).

Diamond Bullion, yang diproduksi oleh Singapore Diamond Mint, adalah koleksi berlian kelas investment grade yang nilainya dapat diperiksa dengan cepat. Denominasi pada awalnya berkisar antara $100.000 dan $200.000, dengan dimungkinkan nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah di masa depan.

Berlian disimpan dalam perangkat berukuran kartu kredit yang berisi chip yang memungkinkan penilaian langsung berdasarkan perdagangan bursa dan otentikasi instan. Hal tersebut sangat penting karena berlian sintetis tidak memiliki nilai jual kembali.

Tesedia tanda pada Diamond Bullion yang dibuat oleh International Institute of Diamond Grading and Research (IIDGR), yang merupakan bagian dari De Beers Group Anglo American, telah memberikan jaminan tambahan.

De Beers, produsen berlian terbesar di dunia dan pemimpin dalam peralatan yang menakar dan mengotentikan berlian, secara tradisional menjual permatanya ke sekelompok individu tepercaya yang disebut “sightholders“.

Perdagangan berlian secara bertahap menjadi lebih terbuka.

Pada tahun 2008, De Beers mulai menjual berlian kasar melalui lelang online dan pada bulan Juni tahun ini mulai melelang batu-batu yang dipoles juga.

SDIX, diluncurkan pada tahun 2016, mengatakan bahwa ini adalah bursa elektronik pertama dan satu-satunya di dunia untuk memperdagangkan berlian kelas investasi (investment grade).

Penambang berlian pada prinsipnya juga menyambut Diamond Bullion.

“Apa pun yang bisa membawa transparansi pada harga berlian adalah hal yang baik,” kata Karl Smithson, CEO Stellar Diamonds, yang memiliki proyek pertambangan berlian di Sierra Leone, demikian rilis Reuters.

 

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here