Dirjen Pajak Raih CIO 100 Untuk Inovasi Teknologi

0
407

(Vibizmedia – National) Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak mempersembahkan kepada bangsa Indonesia penghargaan CIO 100 yang diberikan kepada Ditjen Pajak sebagai pengakuan atas pemanfaatan teknologi secara inovatif dalam melaksanakan misi pengumpulan penerimaan negara. Penghargaan CIO 100 merupakan penghargaan berkelas dunia yang diberikan oleh grup media CIO terhadap perusahaan dan lembaga yang dinilai inovatif dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan nilai tambah terhadap organisasi.

Penghargaan ini diberikan dalam acara CIO 100 Symposium yang berlangsung di hotel The Broadmoor, Colorado, Amerika Serikat pada Kamis 17 Agustus 2017 (waktu Indonesia) yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Pajak, Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi, dan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat.

Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (17/8) menyebutkan bahwa penghargaan CIO 100 diberikan kepada Ditjen Pajak atas pemanfaatan teknologi big data dan analitik yang mulai diterapkan sejak tahun 2014 sebagai bagian dari inisiatif Unified Data Architecture (DAWET/Data Warehouse Terintegrasi).

Dijelaskannya, Unified Data Architecture (DAWET/Data Warehouse Terintegrasi) adalah sebuah teknologi informasi yang meliputi big data appliance, enterprise data warehouse appliance, dan deep analytics, untuk mengolah data dalam jumlah besar yang ada di Ditjen Pajak.

“Melalui pemanfaatan teknologi tersebut, Ditjen Pajak dapat melakukan pencocokan data (data matching) Wajib Pajak yang diterima dari puluhan sumber eksternal termasuk kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah yang kemudian digunakan untuk kegiatan analitis dan pengawasan kepatuhan, termasuk mengidentifikasi risiko kecurangan pajak,” jelas Ken.

Melalui teknologi inovatif seperti ini, diharapkan petugas pajak dapat melaksanakan tugas pengumpulan penerimaan negara secara lebih efektif dan efisien melalui peningkatan kepatuhan sukarela dan pengawasan yang lebih optimal.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa Indonesia dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo terbukti tidak kalah bersaing dengan negara-negara maju,” tegasnya.

Penghargaan ini mendorong Ditjen Pajak untuk terus memanfaatkan teknologi informasi dalam cara-cara yang inovatif khususnya di tengah perkembangan teknologi digital dan otomasi yang sangat pesat untuk menjawab tantangan pencapaian penerimaan negara secara optimal dan berkelanjutan.

Journalist : Rully Sinambela
Editor : Emy T
Photo: kominfo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here