Optimisme Bisnis Indonesia Q2 Meningkat

0
356

(Vibizmedia – National) Optimisme Bisnis Indonesia meningkat pada kuartal kedua tahun 2017 ini. Hal tersebut tercermin dalam rilis yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (07/08). BPS menyatakan optimisme bisnis Indonesia kuartal kedua sebesar  111,63, lebih tinggi dibandingkan hasil kuartal pertama sebesar 103,42.

BPS melalui survey Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada triwulan II-2017, mencatat seluruh kategori lapangan usaha mengalami peningkatan kecuali kategori lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian yang mengalami penurunan. Peningkatan kondisi bisnis tertinggi terjadi pada kategori lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan nilai ITB sebesar 130,39. Sementara itu, penurunan kondisi bisnis hanya terjadi pada lapangan usaha Pertambangan dan Penggalian dengan nilai ITB sebesar 96,91.

Secara garis besar, BPS menyatakan optimism bisnis pada triwulan II-2017 meningkat disebabkan oleh peningkatan tiga komponen pembentuknya, yaitu pendapatan usaha dengan nilai indeks sebesar 118,93, penggunaan kapasitas produksi/usaha dengan nilai indeks sebesar 114,55, dan rata-rata jumlah jam kerja dengan nilai indeks sebesar 101,40.

Sebagai penjelasan seperti yang dirilis dalam website BPS, Indeks Tendensi Bisnis (ITB) adalah indikator perkembangan ekonomi usaha terkini yang datanya diperoleh dari Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik bekerja sama dengan Bank Indonesia. STB dilakukan setiap triwulan di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sampel STB triwulan II-2017 sebesar 2.299 perusahaan besar dan sedang, dengan responden pimpinan perusahaan. ITB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada triwulan berjalan dan perkiraan triwulan mendatang.

Sedangkan untuk prospek kondisi bisnis triwulan III-2017, BPS memperkirakan secara umum kondisi bisnis pada triwulan III-2017 diperkirakan akan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Namun, tingkat optimisme pelaku bisnis diperkirakan sedikit menurun jika dibandingkan dengan triwulan II-2017.

Pada triwulan III-2017 kondisi bisnis seluruh kategori lapangan usaha diperkirakan mengalami peningkatan, tertinggi tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib dengan perkiraan nilai ITB sebesar 130,88. Sementara itu, peningkatan kondisi bisnis terendah diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Jasa Perusahaan dengan perkiraan nilai ITB sebesar 101,03.

Journalist : Doni
Editor : Emy T                                                                                                               Source: BPS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here