Keindahan pantai Teluk Manado siapakah yang menyangsikannya? Deburan ombak, birunya langit yang tercermin ke laut, desauan angin dan keriapan ikan-ikan di bawah permukaan laut menjadi pemandangan dan pengalaman indah tiap-tiap hari.

Tapi dimanakah keindahannya jika tidak ada manusia yang menjadikan semua ini bermanfaat bagi banyak orang? Siapah yang sehari-hari bergaul dengan keindahan ala mini? Ya, tentu para nelayan.

Bagaimana mereka mengarungi teluk dan mencari penghidupan? Dengan sebuah perahu tentunya. Mari kita tengok bagaimana sebuah perahu penangkap ikan disiapkan oleh penduduk lokal alias para nelayan itu sendiri.

Kerangka perahu disiapkan dari kayu dan dibuat dengan ukuran yang tepat, meruncing di kedua ujungnya.

Pengerjaan perahu kayu pencari ikan ini memakan waktu sekitar satu sampai 2 bulan, pada umumnya nelayan yang sudah berpengalaman mampu membuat perahu seperti ini bersama keluarga tanpa bantuan ahli khusus pembuatan pembuatan perahu.

Proses menjelang finishing body perahu .

Perahu siap dipergunakan untuk mencari ikan, setelah melewati proses pembuatan lebih dari satu bulan, untuk menemani para nelayan mengarungi Teluk Manado yang luas.

Siap menaklukkan deburan ombak dan rasa lelah, demi ikan tangkapan yang akan mengenyangkan seisi rumah bahkan siap dijual untuk mendapatkan penghasilan.

(Wisye Lantang/Emy T/VM)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here