Kemenhub Siapkan Fasilitas Mudik Gratis Bagi 208.435 Penumpang

0
143
Ilustrasi mudik. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pemudik Lebaran 2017.

Program mudik gratis tersebut, kerja sama antara Kementerian Perhubungan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan mitra kerja yang dapat mengangkut 208.435 penumpang dan 44.721 sepeda motor.

Dengan kota tujuan yang akan dilayani untuk moda darat sebanyak 29 kota yaitu Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, sedangkan moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung. Sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini, untuk penumpang meningkat cukup signifikan sebesar 57% dan untuk jumlah sepeda motor meningkat signifikan sebesar 155% dengan total anggaran sebesar Rp. 90 miliar, terang Budi Karya Sumadi, Kamis (18/5).

Oleh karena itu, Menhub menghimbau para pemudik sepeda motor untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, dengan menggunakan fasilitas mudik gratis ini.

Program Angkutan Sepeda Motor Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, sepeda motor yang akan diangkut melalui jalan darat sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang.

Selain itu, sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 trukdan untuk penumpangnya akan diangkut menggunakan 1.220 bus. Mengenai penyebaran moda penyeberangan yang dimaksud akan dilayani oleh 2 ferry yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut oleh 2 ferry tersebut sebanyak 5.000 dan 10.000 penumpang.

Sedangkan moda laut, akan dilayani oeh 3 kapal Ro-Ro menuju Semarang yang akan mengangkut 16.000 sepeda motor dan 32.000 penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here