(Vibizmedia – Lensa) Bali memang tidak ada habis-habisnya untuk dibicarakan ketika dikaitkan dengan wisata dan keindahan alam. Kali ini mari kita berkunjung ke Desa Perancak di Kecamatan Jembrana, Bali. Sebuah desa yang dikenal sebagai desa penghasil ikan karena memiliki bagian laut yang menyimpan kekayaan hasil laut berupa ikan-ikan tangkap. Sehingga banyak pnduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan tinggal di Desa ini.

Desa Perancak di Kecamatan Jembrana, Bali (Photo: Vera Indriani/ BD)
Desa Perancak di Kecamatan Jembrana, Bali (Photo: Vera Indriani/ Vibizmedia.com)

Nyiur melambai tentu menjadi bagian dari kekhasan suasana Desa Perancak yang memang terletak dipinggir pantai. Pekarangan rumah penduduk rata-rata ditanami pohon kelapa selain untuk dipetik buahnya juga menghasilkan suasana khas pantai. Air kelapa mudanya….wow…segar, apalagi dipetik dan dinikmati langsung di ladang-ladang penduduk.

Suasana desa Perancak, desa pesisir pantai dengan pohon-pohon kelapa sejauh mata memandang (Photo: Vera Indriani/ BD)
Suasana desa Perancak, desa pesisir pantai dengan pohon-pohon kelapa sejauh mata memandang (Photo: Vera Indriani/Vibizmedia.com)

Nah, ketika tiba dipantai Ujung Perancak, apakah yang Anda saksikan? Sungguh keindahan memuaku hasil karya Sang Pencipta. Lengkungan garis pantai berpasir….birunya laut, jernihnya langit dengan putihnya gumpalan awan menjadi perpaduan sempurna alam.

Deburan ombak dan gelombangnya tidak mungkin Anda lewatkan begitu saja, pasti akan menarik kaki Anda untuk berlari kearah pantai, berbasah-basah kaki bahkan seluruh badan untuk menyambutnya.

Indahnya pantai Ujung Perancak (Photo: Vera Indriani/ BD)
Indahnya pantai Ujung Perancak (Photo: Vera Indriani/Vibizmedia.com)

Tidak hanya pantai tapi Ujung Perancak ini juga merupakan Pelabuhan Laut untuk para nelayan pencari ikan. Identik dengan masyarakat Bali yang penuh seni, perahu-perahu pencari ikan maupun sarana penyeberangan ini dihias dengan berbagai ukiran. Ketika senja tiba,  pemandangan di pantai ini menghasilkan siluet alam nan menawan.

Pelabuhan perahu tradisional di pantai Ujung Perancak (Photo: Vera Indriani/ BD)
Pelabuhan perahu tradisional di pantai Ujung Perancak (Photo: Vera Indriani/ Vibizmedia.com)

Kelebihannya lagi, pantai Ini belum menjadi tujuan wisata populer baik wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga pengunjung relatif sedikit. Sehingga Anda akan menikmati pantai ini dengan bebas dan puas dan tentu  lebih asik karena masih sepi. Apalagi di sore hari, sensasi tersendiri  saat menikmati angin laut bertiup dari arah Teluk Gilimanuk dan memandang perahu-perahu tradisional yang cantik lalu-lalang di depan mata. (em)

Mytry/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/ Vera Indriani
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here