(Vibizmedia – Lensa) – Pernahkah Anda mendengar nama Desa Guliling? Mungkin, namanya masih terdengar tak biasa di telinga Anda. Namun, soal pesonanya, sungguh tak mungkin untuk dilupakan. Suasananya yang masih sangat asli, dan jauh dari keramaian kota, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya.

Dalam Lensa Vibizmedia kali ini, mari kita melihat keaslian yang begitu menarik dari Desa Guliling di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat..

Desa Guliling1

“Selamat Datang Di Desa Guliling, Kecamatan Kaluku, Kabupaten Mamuju”, itulah tulisan di tugu yang terlihat sebelum kita memasuki Desa Guliling di Sulawesi Barat. Tugu sederhana itu, seolah menyambut para pengunjung yang siap untuk berpetualang dan menikmati alam di desa yang terletak di lereng perbukitan tersebut. Untuk mencapai Desa Guliling, tentunya diperlukan usaha yang tak sedikit, karena Anda harus mau menempuh perjalanan dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 jam dari Mamuju.

Suasana pedesaan yang asli, pastinya akan mulai terasa ketika Anda memasuki Tugu Selamat Datang di Desa Guliling. Anda akan melihat beberapa ekor sapi, yang dengan lahapnya makan rumput, tanpa memperdulikan orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, pepohonan dan rerumputan yang hijau, tentunya melengkapi pemandangan khas pedesaan yang begitu asri dan alami.

Desa Guliling5

Desa Guliling2

Desa Guliling4

Ada hal menarik yang dapat Anda lihat di Desa Guliling, yaitu bangunan rumah disana yang kebanyakan masih terbuat dari kayu. Menarik, bukan? Masyarakat disana, pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani.

Jika Anda berada di Desa Guliling, pastikan juga Anda menyapa anak-anak yang ada disana. Pastinya, pertemuan Anda dengan mereka akan sungguh berkesan. Keramahan mereka, dan senyum mereka, tentunya akan membuat Anda tak mudah untuk melupakan Desa Guliling.

Desa Guliling7

Desa Guliling, memang begitu indah dipandang mata. Udara disana juga tergolong sejuk di pagi hari, tetapi di waktu siang biasanya agak panas. Hanya ada hal yang disayangkan, yaitu kondisi jalan disana yang masih berbatu dan terasa licin ketika hujan turun. Selain itu, penerangan disana juga tergolong masih minim. Jadi, Anda disarankan untuk membawa senter untuk menerangi perjalanan di malam hari. Namun, semua hal itu, tentu saja tak mengurangi akan keindahan yang terlihat di Desa Guliling.

Desa Guliling3

Keaslian Desa Guliling, memang begitu tak terlupakan..pepohonan hijau yang asri, rumah kayu yang menarik, senyum anak-anak disana, dan kehidupan tradisional masyarakatnya..tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Memang, Desa Guliling yang permai, akan selalu dirindukan oleh siapapun yang telah menyaksikan keindahannya..

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/ Isur
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here