Hilirisasi Industri Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi

Hilirisasi Industri Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jambi

0 47
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. FOTO : SETPRES/LAILY

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai momentum peningkatan pertumbuhan ekonomi Perekonomian Provinsi Jambi tahun 2017 akan meningkatkan nilai tambah melalui proses hilirisasi industri, dimana perekonomian tahun 2016 meningkat menjadi 4,47% dibanding tahun 2015 sebesar 4,2%.

Berdasarkan rapat terbatas mengenai pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Jambi, Presiden meyakini bahwa tahun 2017 dan tahun-tahun mendatang perekonomian Jambi akan dapat tumbuh lebih tinggi secara berkelanjutan, terang Presiden Joko Widodo, Kamis (20/4).

Saat ini, perekonomian Jambi utamanya ditopang oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan dan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Jambi, Presiden Jokowi menginstruksikan agar infrastruktur pendukung pertanian seperti bendungan, saluran irigasi, dan peningkatan teknologi pertanian mulai disiapkan.

Disamping itu, perlunya peningkatan nilai tambah bagi perekonomian daerah, dengan mengembangkan proses hilirisasi industri. Dengan hilirisasi ini maka antara sektor pertanian yang menjadi unggulan daerah bisa terhubung dengan pengembangan industri pengolahannya, terang Presiden Jokowi.

Melalui hilirisasi industri tersebut, Presiden diharapkan tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang turut terdorong, tetapi juga terbukanya lapangan pekerjaan baru sekaligus mengurangi ketimpangan dan kesenjangan.

Selain itu, untuk mendukung sumber pendapatan utama Provinsi Jambi dari hasil pertanian, diperlukan konektivitas antar wilayah dan menuju daerah lain, sehingga pembangunan infrastruktur pendukung transportasi seperti bandara, pelabuhan jalur kereta api dan akses jalan di Jambi harus segera diselesaikan.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

NO COMMENTS

Leave a Reply