AS Komitmen Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Perdamaian Dengan Indonesia

AS Komitmen Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Perdamaian Dengan Indonesia

0 117
Presiden Joko Widodo menerima Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence di Beranda Istana Merdeka. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Kunjungan kehormatan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence merupakan kunjungan pertama kalinya ke Indonesia yang disertai juga dengan istri Karen Pence dan kedua putrinya.

Pertemuannya dengan Wakil Presiden AS Pence sebagai bagian dari pemerintahan baru Amerika Serikat merupakan yang pertama meskipun komunikasi telah dilakukan sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama dan kemitraan. Utamanya pada bidang perdagangan dan investasi.

Kita telah membahas sejumlah isu baik bilateral maupun internasional. Yang pertama, komitmen Amerika untuk meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia akan fokus kepada bidang-bidang kerja sama dan investasi. Bulan depan akan ada tim yang membahas mengenai pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip win-win solution, terang Presiden Jokowi di Istana Merdeka,Kamis (20/4).

Selain menyatakan komitmen kerja sama di bidang perdagangan, kedua negara juga menyampaikan pandangan yang sama seputar perdamaian dunia. Sebagai negara muslim terbesar di dunia dan sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, kita juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian, terang Presiden.

Hal yang sama ditekankan oleh Wakil Presiden Pence saat memberikan pernyataan. Menurutnya, Indonesia dan Amerika Serikat sesungguhnya berbagi nilai yang sama seputar perdamaian.

Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga, kita memiliki pandangan yang sama mengenai nilai-nilai dasar seperti kebebasan, penegakan hukum, hak asasi, dan perbedaan keyakinan, jelas Pence.

Disamping itu, saat penyambutan, Wakil Presiden Pence tampak terkesan dengan penyambutan yang turut diberikan oleh para pelajar yang saat itu mengenakan pakaian daerah dari seluruh provinsi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo kemudian memanggil sejumlah pelajar tersebut dan memperkenalkan mereka kepada keduanya. Sambil berbincang, Presiden Jokowi sekaligus menyampaikan keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia.

Belakangan, saat sesi pernyataan pers bersama, Wapres Pence mengakui hal tersebut. Ia mengatakan bahwa penyambutan tersebut sangat berkesan dan tidak akan dilupakan olehnya.

Terima kasih atas penyambutan hangat yang sangat luar biasa dan berwarna yang kami dapatkan dari para anak-anak (pelajar) saat kami datang pagi ini. Tentu tidak akan saya lupakan sepanjang hidup saya, ungkap Pence.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

NO COMMENTS

Leave a Reply