Presiden Jokowi Tandatangani Perpres Penyediaan LTSHE Bagi Masyarakat Yang Belum Terakses Listrik

0
328
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya. FOTO :

(Vibizmedia – Nasional) Terkait pemenuhan energi khususnya jaringan tenaga listrik pada masyarakat yang tinggal di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau-pulau terluar yang masih belum merata.

Pada tanggal 12 April 2017 lalu, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2017 mengenai Penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik.

Pemerintah memandang perlu percepatan untuk mendapatkan akses listrik melalui penyediaan lampu tenaga surya hemat energi. Penyediaan LTSHE ini dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat melalui pemberian LTSHE secara gratis kepada penerima LTSHE dan hanya dilakukan satu kali untuk setiap penerima LTSHE.

Sedangkan penanggung jawab pelaksanaan penyediaan LTSHE ini adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Persyaratan yang harus dimiliki oleh badan usaha sebagai calon pelaksana penyediaan LTSHE adalah memiliki sarana dan fasilitas produksi LTSHE di dalam negeri, mempunyai produk LTSHE yang telah digunakan di dalam dan luar negeri, menyediakan layanan purna jual paling kurang 3 tahun serta menyediakan jaminan ketersediaan suku cadang LTSHE.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here