"Kik", alat tenun yang dapat menghasilkan kain tenun Siak di Provinsi Riau (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia.com)
“Kik”, alat tenun yang dapat menghasilkan kain tenun Siak di Provinsi Riau (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia.com)

(Vibizmedia – Lensa) Kota Siak Sri Indrapura, merupakan salah satu Kota Wisata untuk Provinsi Riau yang dapat diandalkan karena memiliki berbagai lokasi wisata serta hasil karya seni penduduk lokal yang tetap dipertahankan sampai saat ini.

Bagi yang pernah mengunjungi kota yang memiliki sungai yang mengalir membelah kota yakni Sungai Siak, akan menyaksikan sebuah kota kecil dengan rumah-rumah penduduk yang  tersusun dan lampu-lampu  jalan berukir khas nuansa melayu .

Kali ini mari kita lihat salah satu kekhasan dari Siak ini yakni kain songket, kain yang biasanya ditenun tangan, dan mempunyai corak rumit dengan menggunakan benang emas atau perak. Tenun songket sebenarnya merupakan seni budaya yang berasal dari daratan Cina, sejak 1000 an tahun yang lalu, dan mulai dikenal Malaysia di Indonesia sejak abad ke-13 lampau.

Alat tenun tradisional "Kik", yang dapat menghasilkan kain tenun Siak di Provinsi Riau terbuat dari bahan kayu berukuran sekitar 2 x 2 meter (Photo: Mark Sinambela)
Alat tenun tradisional “Kik”, yang dapat menghasilkan kain tenun Siak di Provinsi Riau terbuat dari bahan kayu berukuran sekitar 2 x 2 meter (Photo: Mark Sinambela)

Pada awalnya kain tenun siak ini dibuat terbatas bagi kalangan bangsawan saja terutama Sultan dan para keluarga serta para pembesar kerajaan di kalangan Istana Siak, dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan ”Kik” yaitu alat tenun sederhana dari bahan kayu berukuran sekitar 2 x 2 meter. Sesuai dengan ukuran alatnya, maka lebar kain yang dihasilkan tidaklah lebar, sehingga untuk satu kain sarung, memerlukan sambungan dari dua lembar kain.

Memintal benang bahan tenun songket dengan cara tradisional (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia)
Memintal benang bahan tenun songket dengan cara tradisional (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia)

Nampak pada gambar seorang Ibu yang melakukan pemintalan benang secara manual dengan alat pintal tradisional untuk menghasilkan benang-benang yang akan ditenun. Kain tenun Songket Siak pada umumnya bermotif bunga-bunga yang mengandung nilai dan filsafah keluhuran dan kehalusan budi, keakraban dan kedamaian seperti corak bunga setaman, bunga berseluk daun dan lain-lain.

Cantiknya tenun ikat songket Siak - Riau (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia)
Cantiknya tenun ikat songket Siak – Riau (Photo: Mark Sinambela/ Vibizmedia)

Anda berminat? Siak – Riau menyajikan berbagai keindahan alam dan hasil tenunan yang memikat. Andapun dapat berkunjung sambil menikmati lokasi wisata di kota unik yang hanya berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Pekanbaru ini.

Journalist : Mytri                                                                                                                                                   Editor      : Mark Sinambela                                                                                                                                Photo     : Mark Sinambela / Vibizmedia.com

 

 

 

NO COMMENTS

Leave a Reply