Akhirnya, Hakim Neil Gorsuch Resmi Duduki Kursi Mahkamah Agung AS

0
335

Neil Gorsuch

(Vibizmedia – Internasional) – Pada hari Jumat, tanggal 7 April 2017 waktu setempat, sebuah sejarah terukir di Mahkamah Agung Amerika Serikat, yaitu dengan resminya Hakim Neil Gorsuch menduduki kursi Mahkamah Agung yang telah lama kosong, setelah Hakim Agung Antonin Scalia meninggal dunia pada tahun 2016. Gorsuch sendiri, merupakan salah satu hakim termuda yang berhasil menduduki kursi Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Dengan voting suara 54-45 dari Senat, maka Neil Gorsuch pun dinyatakan resmi menduduki kursi Mahkamah Agung Amerika Serikat. Voting dipimpin oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence, dan seluruh anggota Senat dari Partai Republik dinyatakan hadir, kecuali 1 orang, yaitu Sen. Johnny Isakson, R-Ga, yang tidak dapat hadir karena perihal kesehatannya.

Dalam voting tersebut, semua anggota Senat dari Partai Republik yang hadir menyatakan mendukung Gorsuch. Selain itu, ada juga tambahan 3 voting dari Partai Demokrat, yaitu Heidi Hetkamp dari North Dakota, Joe Manchin dari West Virginia, dan Joe Donnelly  dari Indiana yang akhirnya memilih untuk ikut mendukung Gorsuch.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, ikut memberikan ucapan selamat melalui Twitter resmi President Trump @POTUS yang berbunyi : Congratulations to an exceptionally qualified and respected judge on his confirmation to the Supreme Court! #SCOTUS 

Ada banyak kisah menarik di balik konfirmasi Neil Gorsuch, dimana salah satunya ketika Partai Republik berjuang keras dan menggunakan “nuclear option” untuk memperjuangkan agar Neil Gorsuch mendapatkan konfimasi dari Senat.

Dengan opsi tersebut maka pencalonan Gorsuch pun bisa menjadi lebih sederhana, yaitu hanya membutuhkan 51 voting saja untuk meresmikannya menjadi Hakim Agung yang akan menduduki kursi Mahkamah Agung AS. Cara tersebut, dilakukan oleh Senate Majority Leader dari Partai Republik, Mitch McConnell.

Dengan resminya Gorsuch, maka pekerjaan sudah menanti di depan matanya, yaitu beberapa kasus yang akan ia dengar,  antara lain Maslenjak v. U.S., dan California Public Employees’ Retirement System v. ANZ Securities, Inc.,

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Image : Wikipedia
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here