Mengapa Leverage Keuangan Penting bagi Perusahaan?

0
408

(Business Lounge Journal – Finance and Tax) – Leverage keuangan menjadi penting karena hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh oleh pemegang saham dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh dari operasi ekuitas. Perusahaan yang menunjukkan kemampuan untuk mengelola pengaruh dengan membayar utang tepat waktu meningkatkan kesempatan mereka untuk mendapatkan pinjaman pada tingkat bunga yang lebih baik.

Leverage keuangan memungkinkan perusahaan untuk meminjam pinjaman dengan nilai yang besar untuk berinvestasi di bidang infrastruktur, yang dapat meningkatkan kapasitas dan menyebabkan perusahaan dapat memperoleh manfaat dari meningkatnya skala ekonomi. Sebuah perusahaan dapat menggunakan dana pinjaman untuk melakukan investasi jangka panjang, seperti membangun pabrik untuk mendapatkan uang tunai untuk keperluan yang lebih mendesak, seperti membayar pemasok dan pekerja.

Sebagian besar perusahaan menggunakan leverage keuangan untuk meningkatkan ROI dari modal yang digunakan dalam bisnis. Leverage keuangan harus diperlakukan sebagai perhitungan risiko yang diaplikasikan dengan kondisi yang tepat untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Penggunaan yang berlebihan darileverage keuangan menempatkan perusahaan pada risiko besar akan bangkrut sebagai akibat dari pembayaran bunga yang tinggi. Investasi bank menggunakanleverage untuk meminjam pinjaman dengan bunga sangat rendah dan berinvestasi dalam obligasi dengan yield yang lebih tinggi, dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Acid-test rasio digunakan untuk menentukan kemampuan jangka pendek perusahaan untuk membayar kewajiban saat ini. Leverage keuangan perusahaan dapat  diukur dengan menggunakan rasio total debt to capitalization.

INGIN TAHU PENTINGNYA FINANCIAL LEVERAGE ? KLIK DISINI

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here