Trump Nilai Pembicaraan dengan Presiden Xi Jinping Menarik Tapi Sulit

0
229
ARSIP – Kombinasi foto-foto arsip ini menunjukkan Presiden AS, Donald Trump tanggal 28 Maret 2017 di Washington, kiri, dan Presiden China, Xi Jinping, tanggal 22 Februari 2017 di Beijing (foto: AP Photo/Arsip)

Mar-a-Lago, Florida akan menjadi lokasi dimana Presiden Donald Trump akan jadi tuan rumah bagi Presiden China, Xi Jinping, selama kunjungannya di AS mulai hari Kamis.

Presiden Donald Trump akan jadi tuan rumah Presiden China Xi Jinping mulai Kamis di peristirahatannya, Mar-a-Lago, Florida. Tetapi suasananya kemungkinan tidak sehangat seperti cuaca Florida.

Trump mengirim pesan cuitan tentang prognosisnya seputar pertemuannya dengan Presiden China itu, katanya pembahasan akan sangat sulit, karena Amerika tidak bisa lagi menanggung defisit perdagangan yang besar dan kehilangan lapangan pekerjaan.

Dalam pertemuan di Gedung Putih minggu lalu, Trump memberitahu produsen Amerika mereka akan menyaksikan pertemuan menarik dirinya dengan Xi Jinping.

“Saya sangat tertarik bertemu dengan dia dan delegasinya. Dan kita lihat saja apa yang terjadi,” kata Trump.

Pemimpin China itu juga tidak akan datang dengan tangan kosong.

Yun Sun dari Stimson Center mengatakan kepada VOA, “Saya antisipasi China akan mengirim Xi kesini dengan sebuah paket besar berupa investasi sarana domestik di Amerika, dan membantu Presiden Trump menciptakan lapangan pekerjaan sebagaimana dijanjikannya kepada pemilih.”

Beberapa pengamat China memperingatkan, bahwa tidak semuanya akan berjalan mulus. [jm]

Sumber : voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here