Trump Nyatakan Siap Ambil Tindakan Atas Program Nuklir Korea Utara

0
221

(Vibizmedia – Internasional) – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menyatakan bahwa ia siap untuk mengambil tindakan atas program nuklir Korea Utara, jika Tiongkok tidak mau bertindak.

Presiden Trump membuat pernyataan di salah satu media, dan ia mengatakan bahwa Tiongkok memiliki pengaruh yang besar terhadap Korea Utara. Dan apakah Tiongkok mau membantu atau tidak, hal itu terserah pada pihak Tiongkok. Trump menyatakan, jika Tiongkok mau membantu, hal itu akan menjadi sangat baik bagi Tiongkok, tetapi jika tidak mau membantu, maka hal itu akan menjadi tidak baik bagi siapapun.

Trump menambahkan, bahwa Amerika Serikat bisa menangani Korea Utara tanpa bantuan dari Tiongkok. Dalam suatu media swasta di Amerika Serikat, dikabarkan bahwa Presiden Trump menyatakan bahwa ia tidak akan memberitahukan tentang kebijakan luar negeri melalui media.

Sejauh ini, resolusi PBB memang gagal untuk untuk mencegah Korea Utara melakukan tes nuklir dan rudal. Dua tahun yang lalu, Korea Utara melakukan dua uji coba nuklir dan dua lusin tes rudal balistik. Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley mengatakan pada media swasta di Amerika Serikat bahwa Amerika Serikat menekan Tiongkok agar mengambil tindakan tegas terhadap proyek nuklir Korea Utara. Menurut Nikki Haley, Tiongkok adalah satu-satunya negara yang bisa menghentikan Korea Utara.

Program nuklir yang dilakukan Korea Utara memang benar-benar dapat menjadi masalah apabila tidak ditangani dengan serius. Dalam hal ini, Presiden Trump paling tidak sudah melakukan hal yang benar dengan mengambil sikap berani untuk mengambil sikap tegas terhadap Korea Utara.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Wikimedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here