Dapatkan Pengakuan Dunia, Menpar Daftarkan Danau Toba Ke UNESCO

Dapatkan Pengakuan Dunia, Menpar Daftarkan Danau Toba Ke UNESCO

0 49
Danau Toba, Sumatera Utara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas. Saat ini, pemerintah sedang membangun Danau Toba menjadi destinasi dengan menggunakan standar global agar dapat bersaing di tingkat dunia.

Hal ini tidak lepas dari peranan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang ingin memajukan Danau Toba melalui pembangunan infrastruktur dan juga pengajuan Danau Toba ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Arief sampaikan standar global Danau Toba ke UNESCO tersebut dilakukan untuk mendapat pengakuan dunia. Salah satunya adalah sertifikasi UNESCO Global Geopark, melalui pendaftaran yang dilakukan tahun ini, ditargetkan pada tahun 2018 sudah mendapat, ungkap Menteri Pariwisata Arief, Senin (20/3).

Selain pengakuan lembaga internasional tersebut, hal penting lainnya adalah perlunya dukungan infrastruktur penunjang seperti bandara internasional. Arief ungkapkan untuk menjadi destinasi level dunia harus memiliki akses bandara internasional. Bandara Silangit akan kita jadikan internasional dan itu harus jadi tahun ini, terang Arief.

Selain Bandara Silangit yang akan dijadikan internasional, Arief juga berencana untuk membuat akses udara lain melalui Bandara Sibisa di Ajibata, Samosir. Kalau sudah jadi, hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk mencapai Kota Parapat.

Ditambah lagi, selain akses udara adalah akses darat yang akan dibenahi yaitu jalan dan jalur kereta akan dibuat dan dirapikan sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh wisatawan menuju Danau Toba.

Pengembangan infrastruktur juga dilakukan pada jalur air yaitu Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara yang diberdayakan sebagai pintu masuk wisatawan yang liburan mengunakan kapal pesiar atau yacht.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

NO COMMENTS

Leave a Reply