Menjadi Titik Pertumbuhan Ekonomi, PLBN Aruk Gerbang Ekspor Produk Lokal

Menjadi Titik Pertumbuhan Ekonomi, PLBN Aruk Gerbang Ekspor Produk Lokal

0 385
Presiden Joko Widodo meresmikan PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. FOTO : SETPRES/KRIS

(Vibizmedia – Nasional) Melalui keberadaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN), pemerintah berharap tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengurusan administrasi di wilayah perbatasan, tetapi juga dapat menjadi titik pertumbuhan ekonomi.

Saat meresmikan PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, Jumat (17/3), Presiden Joko Widodo mendorong agar keberadaan PLBN tersebut dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat, menjadi akses produk-produk lokal dan juga produk-produk ekspor ke negara tetangga.

Melalui cara tersebut, akan mempercepat PLBN menjadi titik pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan, seperti halnya di PLBN Badau, terdapat ekspor CPO sebanyak 70 ribu metrik ton, dimana tahun ini mengalami peningkatan menjadi 100 ribu metrik, ungkap Presiden Jokowi.

Sedangkan, PLBN Aruk memiliki komoditas unggulan yang diekspor berbeda dengan komoditas di PLBN Badau, ditambah dengan komoditas unggulan di Kabupaten Sambas yaitu jeruk, lada dan buah naga yang didorong untuk dapat di ekspor.

Dengan ini, produk unggulan daerah tersebut dapat bersaing di pasar internasional dan semua dapat terealisasi apabila adanya sinergi antara pemerintah daerah, baik gubernur, bupati dan walikota.

Journalist : Rully                                                                                                                                                     Editor      : Mark Sinambela

NO COMMENTS

Leave a Reply