Ciptakan Ketahanan Pangan Nasional, Pemerintah Akan Rehabilitasi 3 Juta Hektar Jaringan Irigasi Rusak

0
145
Ilustrasi persawahan di Indonesia. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/MAIR

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai salah satu faktor pendukung meningkatnya produktivitas usaha tani guna meningkatkan ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani. Sampai saat ini sektor pertanian dan produksi pangan masih menjadi pekerjaan rumah yang belum sepenuhnya terselesaikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sampaikan keberadaan jaringan irigasi yang handal menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya produktivitas usaha tani.

Yang menjadi permasalahan dalam ketahanan pangan dan kesejahteraan petani adalah ancaman kekeringan dan banjir sebagai dampak perubahan iklim global yang disebabkan rusaknya lingkungan, rendahnya keandalan air irigasi dimana hanya 11% luas irigasi permukaan yang airnya dijamin oleh waduk, sementara sisanya 89% dari sungai, air tanah dan sumber air lainnya.

Selain itu, kondisi dan fungsi prasarana irigasi permukaan nasional sampai saat ini, jumlah prasarana irigasi yang kondisinya belum optimal masih banyak, akibat kerusakan saluran maupun sedimentasi.

 

Basuki sampaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jaringan irigasi, Kementerian PUPR telah menetapkan target dalam lima tahun (2015-2019) akan merehabilitasi 3 juta hektar jaringan irigasi yang rusak.

 

Pada tahun 2016, telah berhasil direhabilitasi 286.000 hektar dan tahun ini ditargetkan 325.000 hektar. Dalam lima tahun, Kementerian PUPR juga menargetkan pembangunan irigasi baru seluas 1 juta hektar, dimana tahun 2016 telah menambah 53.000 hektar dan tahun 2017 ditargetkan irigasi baru selesai 79.000 hektar.

 

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here