Zero Based Budgeting

Zero Based Budgeting

0 179

(Business Lounge Journal – Finance and Tax) – Menyambung pembahasan sebelumnya mengenai Strategi dalam Meningkatkan Profitabilitas, maka ada baiknya Anda mengerti lebih dalam mengenai Zero Based Budgeting.

Dalam akuntansi manajemen, istilah ini merupakan suatu anggaran yang menetapkan setiap kategori ke nol. Hal ini berarti akan memerlukan evaluasi dari setiap item dalam laporan arus kas dan melakukan justifikasi untuk semua pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh masing masing departemen.

Dengan demikian, Zero Based Budgeting merupakan suatu metode anggaran dengan semua biaya untuk periode yang baru akan dihitung atas dasar biaya aktual yang akan dikeluarkan dan bukan berdasarkan kenaikan sejumlah rate presentate tertentu dari biaya yang sudah dikeluarkan dalam tahun sebelumnya. Dengan metode ini, setiap kegiatan harus dijustifikasi, dapat menjelaskan berapa pendapatan yang dihasilkan dengan biaya tertentu bagi perusahaan.

Bertentangan dengan metode tradisional anggaran dengan tren masa lalu untuk penjualan/pengeluaran diperkirakan akan terus berjalan,  Zero Based Budgeting mengasumsikan bahwa tidak ada saldo yang akan dibawa ke periode berikutnya atau tidak ada biaya yang merupakan komitmen sebelumnya. Dalam arti harfiah, itu adalah metode untuk membangun anggaran dengan basis sebelumnya nihil.  Zero Based Budgeting meletakkan penekanan pada identifikasi tugas dan kemudian mendanai biaya yang terjadi terlepas dari struktur pengeluaran saat ini.

Langkah Dalam Melakukan Zero Based Budgeting:

NO COMMENTS

Leave a Reply