Saham AS Capai Rekor Tertinggi Sejak Trump Terpilih

Saham AS Capai Rekor Tertinggi Sejak Trump Terpilih

0 50

Harga-harga saham Amerika mencapai angka rekor tertinggi Rabu (1/3). Indeks saham Dow Jones untuk pertama kalinya ditutup diatas 21.000, atau naik hampir 1,5 persen.

Pasar saham Amerika tampaknya terus membaik sejak terpilihnya Presiden Donald Trump, yang mendorong kegiatan bisnis dengan menjanjikan pemotongan pajak dan mengurangi peraturan, sambil melancarkan perbaikan jalan, jembatan dan berbagai infrastruktur lainnya.

Trump mengulangi janji-janji itu Selasa malam ketika ia memberikan pidato dalam sidang gabungan Kongres Amerika, tapi ia tidak banyak memberikan rincian. Para investor juga terdorong oleh para pejabat tinggi Bank Sentral Amerika yang mengatakan mereka bersiap-siap akan menaikkan tingkat suku bunga acuan.

Naiknya tingkat suku bunga dilihat oleh sebagian investor sebagai pertanda bahwa perekonomian Amerika tidak lagi memerlukan bantuan dengan tingkat suku bunga yang sangat rendah.

Bank Sentral beberapa tahun yang lalu menurunkan tingkat suku bunga itu untuk mengurangi dampak resesi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kini Bank Sentral tampaknya siap menaikkan tingkat suku bunga itu untuk mencegah terjadinya inflasi, yang menurut Badan Sensus Amerika kini tercatat hampir 2 persen. [Isa/ps]

Sumber : voaindonesia.com

NO COMMENTS

Leave a Reply