Pidato Trump di Kongres AS Dapat Nilai Tinggi

0
194
Dua jajak pendapat dini memberi presiden Amerika Donald Trump nilai yang tinggi atas pidatonya Selasa (28/2) malam.

Dua jajak pendapat dini memberi presiden Amerika Donald Trump nilai yang tinggi atas pidatonya Selasa (28/2) malam di hadapan sidang paripurna Kongres. Jajak pendapat CBS News/You Gov mendapati ¾ penonton pidato yang disiarkan di televisi menyetujui Trump, sementara 82 % menganggapnya “presidensial”.

Sebanyak 76% penonton merasa pidato itu “mempersatukan” termasuk 36% di antara mereka yang mengaku pendukung Partai Demokrat.

Menurut jajak pendapat CNN/ORC, pidato itu membuat 70 % penonton merasa lebih punya harapan mengenai masa depan Amerika. Hampir 2/3 percaya presiden Trump telah menentukan prioritas yang tepat.

57 % mendapat reaksi “sangat positif” terhadap pidato itu, meskipun CNN juga menunjukkan bahwa mantan Presiden Barack Obama yang mendapat 68% dan George W Bush yang mendapat 66% memperoleh angka yang tinggi setelah pidato pertama mereka di hadapan Kongres.

Jajak pendapat CBS News/You Gov mendapati bahwa 61% responden merasa lebih optimis mengenai apa yang akan dilakukan Trump setelah pidato itu meskipun pidato itu tidak spesifik mengenai proposal kebijakannya.

70% responden menyukai rencana-rencana Trump terkait imigran gelap dan lebih dari ¾ mendukung rencananya untuk memperkuat ekonomi. 78 % memuji program infrastruktur Trump sementara 65 % menyetujui rencananya untuk UU asuransi kesehatan atau yang lebih dikenal sebagai Obamacare.

Kedua jajak pendapat menanyai responden yang dikontak sebelumnya dan mengatakan mereka berencana untuk menyaksikan pidato itu. 39% responden jajak pendapat CBS News/You Gov mengatakan sebagai pendukung Partai Republik sementara 23 % mengatakan pendukung Partai Demokrat. 33 % penonton pidato yang disurvei oleh CNN/ ORC mengatakan mereka pendukung Partai Republik sementara hanya 23 % pendukung Partai Demokrat.

Marjin kesalahan Jajak pendapat CBS News/You Gov 4,2 % poin sementara survei CNN/ORG 4,5 % poin. [my/ds]

Sumber : voaindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here