Gerakkan Roda Ekonomi Sulut, Pemerintah Kembangkan Pelabuhan Bitung

0
531
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/RULLY

(Vibizmedia – Nasional) Sebagai provinsi terluar di wilayah utara Indonesia yang berbatasan langsung dengan wilayah negara-negara tetangga, Pemerintah rencanakan pengembangan Pelabuhan Bitung untuk gerakkan roda ekonomi Sulawesi Utara.

Dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (14/2), pemerintah rencanakan program prioritas serupa dengan Provinsi Kalimantan Tengah untuk Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk itu, Presiden instruksikan kepada para menteri/kepala lembaga untuk mengembangkan provinsi perbatasan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan Pelabuhan Bitung yang diyakini pemerintah dapat menjadi faktor pendukung mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Presiden mendorong agar pembangunan pelabuhan Bitung yang saat ini sedang dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus dipercepat agar Bitung dapat menjadi pelabuhan hub sekaligus pintu masuk ke wilayah utara Indonesia, terang Presiden.

Pengembangan kawasan ekonomi khusus Bitung tersebut dipercaya dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta memperkecil ketimpangan yang terjadi di Sulawesi Utara.

Selain itu, guna menunjang pertumbuhan wisatawan mancanegara di sektor pariwisata, Presiden juga mendorong agar percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di wilayah Sulawesi Utara segera dilakukan.

Pembangunan infrastruktur transportasi ini, diharapkan dapat memperlancar pintu masuk bagi wisatawan manca negara, khususnya dari negara-negara di kawasan utara Indonesia seperti Filipina, Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok, jelas Presiden Jokowi.

Journalist : Rully
Editor      : Mark Sinambela

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here