Finance: Strategi dalam Meningkatkan Profitabilitas

Finance: Strategi dalam Meningkatkan Profitabilitas

0 252

(Business Lounge Journal – Finance and Tax)

Meningkatkan profitabilitas adalah tujuan utama bagi banyak pemilik usaha kecil. Berikut ini merupakan strategi yang dapat dilakukan, jika diterapkan dengan tepat, akan membantu Anda dalam menghemat biaya dan memaksimalkan keuntungan Anda.

1. Sistem Anggaran Tak Bersisa (Zero Based Budgeting)

Keuntungan dari pengendalian biaya ini adalah bahwa untuk setiap rupiah yang Anda hemat dengan menurunkan biaya, Anda akan mendapatkan tambahan keuntungan. Salah satu cara untuk menjadi aware atau sadar dengan cashflow Anda adalah dengan menggunakan Sistem Penganggaran Tak Bersisa.

Anggaran Tak Bersisa (Zero Based Budgeting) merupakan sistem anggaran yang didasarkan pada perkiraan kegiatan, bukan pada apa yang telah dilakukan pada masa lalu. Setiap kegiatan akan dievaluasi secara terpisah. Ini berarti mengacu pada berbagai program yang dikembangkan dalam visi pada tahun yang bersangkutan.

Anggaran Tak Bersisa ini mengharuskan Anda untuk memulai proses anggaran tahunan setiap tahun dengan menetapkan setiap kategori ke nol. Pendekatan ini memungkinkan Anda untuk melihat setiap rupiah yang masuk ke dalam rekening bank bisnis dan memutuskan berapa total biaya yang  diperlukan. Lakukan pendekatan pertama dengan menggunakan anggaran tahun lalu. Setelah Anda menilai anggaran tahun lalu, akan lebih mudah untuk menurunkan biaya.

STRATEGI LAINNYA LIHAT DISINI

 

Endah Caratri/MP Financial, Accounting & Tax Services Division, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group/VMN/BL

SIMILAR ARTICLES

0 15

0 72

NO COMMENTS

Leave a Reply