(Vibizmedia – Lensa) – Sorowako, desa kecil nan indah yang terletak di Sulawesi Selatan, memang menyimpan banyak pesona yang begitu memukau mata. Di sanalah terlihat birunya langit menyatu dengan danau, dan disanalah dilihat air danau yang begitu terlihat bening, sampai bebatuan dibawahnya pun nampak terlihat.

Danau Matano1

Bicara mengenai Sorowako, desa di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, mungkin tak semua orang pernah mendengarnya. Namanya memang kalah tenar dibandingkan dengan Labuan Bajo, Gili Trawangan, dan tempat wisata lainnya yang tersohor lainnya di Indonesia. Bahkan, di Sulawesi sendiri pun, ia kalah tenar dibandingkan dengan Bunaken yang ada di Sulawesi Utara. Namun, Sorowako memang menyimpan banyak keindahan yang tersembunyi. Salah satunya, tentu saja Danau Matano.

Danau Matano, merupakan danau terdalam di Asia Tenggara, dan juga danau terdalam ke 8 di dunia. Karena danau tersebut sangat dalam, jika Anda ingin berenang, disarankan untuk mengenakan pelampung. Namun, sebenarnya Anda tak perlu sampai berenang untuk menikmati keindahannya. Di pinggirnya saja, Anda sudah bisa melihat jernihnya air danau tersebut, dengan pemandangan pepohonan yang rimbun di sekitarnya.

Danau Matano2

Di musim kemarau, air dari Danau Matano biasanya akan surut, tetapi berhati-hati ketika musim hujan, karena air danau tersebut bisa mendekati akan tingginya dermaga. Kelebihan dari danau ini, tentu saja dari suasana sekitarnya yang dikelilingi pepohonan hijau. Dan ada keindahan lainnya, yaitu ketika birunya langit menyatu dengan air Danau Matano, sehingga awan pun dapat terlihat bercermin di kejernihan air danau itu.

Danau Matano3

Selain Danau Matano, ada lagi obyek yang menarik untuk dilihat, yaitu Pantai Ide, yang terlihat pada foto di bawah ini. Pantai yang terletak di bibir danau Matano itu, memang sering dijadikan tempat rekreasi keluarga, atau individual.

Pantai Ide

Di sekitar Pantai Ide, terdapat taman yang dikelilingi pepohonan. Taman tersebut, sebenarnya cukup efektif bagi pengunjung Pantai Ide, tetapi sayangnya, sepertinya kurang dirapihkan dan dirawat. Padahal, jika didesain dengan lebih rapi, pastinya hal tersebut akan terlihat lebih menarik. Namun, hal tersebut sepertinya tidak meyurutkan semangat pengunjung untuk tetap mendatangi Pantai Ide di Sorowako.

Pantai Ide2

Sorowako, desa kecil di Sulawesi Selatan, memang mungkin tak setenar tempat lainnya. Namun, Danau Matano dan Pantai Ide, sepertinya cukup untuk menjelaskan betapa indahnya desa tersebut. Memang, keindahan alam Sorowako, sungguh tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Fanny Sue/ Journalist/VMN
Images : Vibizmedia/ Jemima
Editor : Fanya Jodie

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here