Alibaba Ingin Miliki Seluruh Saham Youku Tudou – “YouTube Tiongkok”

0
205

Alibaba Group Holding Ltd terus berupaya melakukan ekspansi. Salah satunya dengan mengajukan penawaran untuk membeli Youku Tudou seharga USD 3,5 miliar atau sekitar IDR 49 triliun. Langkah memiliki perusahaan yang dianggap sebagai YouTube-nya Tiongkok ini diharapkan akan memberikan perusahaan raksasa e-commerce ini untuk mengakses lebih dari setengah miliar pengguna video online.

Tawaran dan kepercayaan dari pendiri Alibaba, Jack Ma, membuat Youku Tudou yang merupakan perusahaan terbaru dari serangkaian perusahaan listed Tiongkok diambil alih oleh pemegang saham besarnya. Berbagai pendapat mengatakan bahwa Alibaba membutuhkan lalu lintas yang dapat diakomodir oleh video online atau video mobile.

Alibaba untuk pertama kali membeli ke Youku Tudou pada pertengahan tahun 2014, dengan mengakuisisi saham sekitar 18 persen sebagai bagian dari usaha untuk berbisnis pada segmen video online. Penawaran Alibaba untuk membeli 82 persen saham Youku Tudou seharga USD 4,6 miliar. Namun kesepakatan terakhir Alibaba akan membayar USD 3,5 miliar dengan mempertimbangkan USD 1,1 miliar dari kas buku Youku Tudou ini.

Read more

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here