Peran Strategis Kementerian PUPR Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Peran Strategis Kementerian PUPR Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

0 757

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki peran yang strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, demikian dinyatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono kepada Alfred Pakasi, Managing Director Vibizmedia dalam wawancara eksklusif di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta.

Untuk itu, Basuki mengerahkan seluruh jajarannya mengambil bagian dalam peran ini.

Basuki menjelaskan Pertumbuhan ekonomi harus didukung 3 pilar :

  1. Konsumsi
  2. Export Impor
  3. Investasi , oleh pihak swasta dan pemerintah

Investasi saat ini yang sangat diharapkan adalah dari pemerintah, dalam hal ini belanja investasi yang paling besar adalah di Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR tidak hanya membangun fisik seperti jembatan, jalan, irigasi dan lainnya, tapi harus dimaknai sebagai investasi pemerintah yang harus dipercepat untuk menggerakkan ekonomi nasional

Untuk menjalankan dan mempercepat pembangunan infrastruktur dan perumahan tersebut, maka Kementerian PUPR menjalankan Programming (rencana dan kegiatan), dimana untuk menjalaninya menghadapi tantangan, yaitu :

  • Adanya disparitas pertumbuhan atau pembangunan antar wilayah Indonesia di bagian barat dan bagian timur
  • Memperhitungkan daya dukung dan daya tampung wilayah dalam rencana tata ruang

Untuk mengatasi tantangan dan menjalankan programming tersebut, Kementerian PUPR menjalankan strategi basis kewilayahan dengan membagi 35 wilayah pengembangan strategis nasional.

Jika selama ini programming yang dilakukan adalah pembangunan sektoral, seperti jalan, jembatan, pengairan, perumahan dan lainnya, namun sekarang semua program sektoral tersebut harus ditempatkan dalam satu wilayah strategis.

Basuki menyatakan Indonesia dibagi menjadi cluster-cluster industri, pemukiman menjadi 35 wilayah strategis tersebut, kemudian setiap satu wilayah strategis dikeroyok dengan program sektoral jalan, perumahan, air, sanitasi dan lainnya.

Hal tersebut bertujuan memfokuskan program dan meminimalkan disparitas wilayah, sehingga pembangunan infrastruktur dapat berjalan di semua wilayah Indonesia.

Pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia inilah yang dapat menggerakkan ekonomi nasional, sehingga terjadi percepatan peningkatan ekonomi Indonesia.

Ikuti episode berikutnya dalam wawancara eksklusif dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam topik : Peran Strategis Kementerian PUPR Membangun Indonesia Timur dan Nasional

Rully/VM/VMN/Journalist
Editor : Asido Situmorang

NO COMMENTS

Leave a Reply