Belajar Infrastruktur Dari Negeri Singa

0
299

Satu bulan yang lalu perjalanan singkat saya ke Singapura memberikan kesan tersendiri, karena negeri tetangga kita itu seperti magnet sehingga banyak orang dari berbagai negara untuk datang ke Singapura. Mereka datang dengan berbagai kepentingan seperti tugas kantor, bisnis, belanja, wisata, berobat, sekolah dan lainnya.

Negara Singapura sendiri mempunyai luas wilayah 710.2 km2 dan memiliki 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Sementara itu yang sangat menarik adalah pembangunan infrastruktur di negeri yang kecil ini tidak pernah berhenti. Singapura merupakan salah satu negara yang sangat memperhatikan dan giat membangun infrastruktur. Padahal jika membandingkan infrastruktur negeri ini dan Indonesia, dengan kondisi saat ini sudah cukup bagi sebuah negera di Singapura tetapi yang terjadi lain.

Sebagai contoh ialah pembangunan jalan tol di bawah laut sepanjang 5 km yang bernama Marina Coastal Express dan baru diresmikan tahun lalu. Jalan tol ini pembangunannya menelan biaya sebesar 4,3 miliar dolar Singapura atau setara dengan Rp 39,8 triliun. Suatu angka yang besar dari sejarah pembangunan infrastruktur di Singapura.

Read more

 

handi

Penulis Fu Handi adalah Executive Director Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here